Mengapa Jumlah Sudut pada Segitiga Sama dengan 180°?

Pada postingan kali ini, kami akan membahas suatu hal yang simple tapi mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahuinya, yaitu Mengapa Jumlah Sudut pada Segitiga Sama dengan 180°?

Sebelum kami lanjutkan ke pembahasan, perhatikan gambar berikut!
Ketiga segitiga siku-siku diatas memiliki jumlah sudut yang sama yaitu 180°. Bagaimana jika bukan segitiga siku-siku?
Ternyata segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang juga mempunyai jumlah sudut 180°. Untuk mendapatkan nilai 180°, cara yang paling mudah adalah membagi persegi menjadi 2 bagian pada diagonalnya seperti pada gambar di bawah ini.
Jumlah sudut pada segitiga adalah 360° karena keempat sudutnya besarnya 90° atau siku-siku. Kita telah membaginya menjadi 2 bagian pada diagonalnya maka akan terbentuk segitiga dengan sudut 45°, 45° dan 90°. Jika dijumlahkan maka hasilnya 180°. Cara ini juga bisa dilakukan pada persegi panjang, hanya saja segitiga yang terbentuk memiliki sudut yang berbeda dengan segitiga yang di peroleh dari cara persegi tetapi jika dijumlahkan tetap 180°.
Kita bisa bebas mengatur panjang masing-masing sisi pada segitiga, jadi ketika ada sudut yang membesar disitu juga akan ada sudut yang mengecil sehingga akan tetap konsisten bahwa jumlah sudut pada segitiga sama dengan 180°.
Surya Anoraga J.Y
Math and Physics enthusiast

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter